Cenayang

Gara-gara kemarin ada yang ngomongin cenayang, mari kita cerita tentang hal-hal yang bersangkutan. Tapi versi aku yang lucu-lucuan ya.

Nggak tahu kenapa, di Indonesia ini suka banget dengan yang berhubungan dengan supernatural. Bahkan nangkep maling saja karena males ke polisi, perginya ke dukun.

Padahal kebanyakan kan enggak logis ya. Bukan berarti aku nggak percaya ada “alternatif” lain di dunia cuma selain takut sirik, pada dasarnya aku lebih mengedepankan data dan fakta ketimbang tebak-tebakan.

Dulu ada kenalanku anak tehnik yang selalu didekatin cewek-cewek. Karena dia konon bisa meramal masa depan, jodoh, dsb. Wuah itu cewek-cewek langsung lengket kaya perangko…antri minta diramalin. Herannya kok nggak ada cowok yang ikut ngantri ya huahahaha…

Aku sendiri sebetulnya pernah iseng belajar tentang psikologi yang berhubungan dengan sugesti-sugesti tersebut. Biasanya sih dukun…eh ahli itu pada punya “primbon”. Karena aku suka menggambar dan menciptakan karakter berdasarkan sifat, dulu yang namanya buku wajah dari Cina aku lahap. Bermanfaat sih, jadi kalau aku hilang ide bikin karakter tinggal ingat-ingat primbon itu. Cuma nggak ada yang kupakai buat praktek seperti kenalan anak tehnik itu.

Nah, suatu saat ada temanku cewek ngobrol soal tebak-tebakan karakter dari wajah. Aku bilang saja, pernah belajar ilmu tentang itu. Singkat kata aku praktek ke dia. Dan dia takjub begitu katanya banyak yang bener. Aku ketawa saja, bilang lucky guess mah. Terus aku lupa.

Ehladhalah, besok-besoknya ada cewek lagi datang ke aku minta ditebak. Katanya dapat rekomendasi dari teman kemarin. Do not underestimate the power of buzz marketing. Ya udah aku layanin. Langkah yang salah sebetulnya. Karena besoknya datang lagi yang lain. OMG. Sampai si anak tehnik yang dukun itu juga ikutan minta ditebak wkwkwk. Btw aku nggak ngeramal masa depan ya, cuma nebak karakter saja dan kira-kira cocoknya sama yang bagaimana, tapi semua lebih banyakan ilmu kejiwaannya dibanding percenayangan.

Dari sana aku belajar, keingin tahuan kita tentang hal-hal enggak jelas itu enourmous. Masih untung aku masih…yah..normal ya. Dan aku selalu bilang itu cuma tebak-tebakan cantik. Salah benar kamu sendiri yang tahu. Bagaimana kalau yang ditanya-tanya itu orangnya tipe-tipe halu? Yang percaya banget bahwa dirinya punya kemampuan?

Aku akui dunia memang terlihat lebih mengasyikkan kalau ada UFO, bisa melihat makhluk gaib, dsb. Kenal juga banyak kenalan yang memang punya “keistimewaan” dari lahir. Ada juga yang lahir “istimewa” tapi minta “ditutup” karena nggak kuat. Seseorang pernah bilang kepadaku, kamu ada bakat, lebih baik diasah (bakat menggambar mungkin wkwkw).

Jawabanku, enggak terima kasih. Aku percaya dunia gaib itu ada, karena memang itu dituliskan. Tapi aku termasuk penganut tegas untuk memisahkan kedua dunia. Ya dunia nyata, ya dunia gaib. Tempatnya manusia harus di dunia nyata, tidak usah nekad “menyebrang” untuk mengetahui apa yang ada disana.

Pernah ngalamin merasakan penampakan nggak? Kalau bilang nggak pernah mungkin aneh ya. Tapi aku selalu bisa melogikakan penyebab suatu fenomena. Bunyi kriit, ada angin. Orang trance kerasukan, karena histeris dan kurang oksigen.

Keterlaluan kalau benaran ada yang “minta perhatian” bagaimana?

Dari pengalamanku dan kenalan-kenalan sekitar, yang jarang atau susah “digangguin” biasanya orangnya luar biasa logis, super positive thinking, atau dia memang rajin (dalam agamaku) dzikir. Ada gelombang-gelombang tertentu yang memang bisa menarik makhluk halus saat kita sefrekwensi. Gelombang negatif itu cepat sekali kena. Pada dasarnya makhluk halus itu kan energi ya. Masuk akal sih. Santet pun bila dilihat dari ilmu fisika bisa dianalisa.

Intinya adalah, tawaran kekuatan seperti ini memang ada. Menggoda. Tapi tagihan untuk imbal balik, pren, juga menakutkan. Ada yang sampai ke anak cucu (tetap bawa makhluk itu). Padahal yang bikin perjanjian itu jauh dari kakek moyangnya.

Kan seru bisa punya kemampuan seperti misalnya, melihat masa depan?

Ah siapa bilang…?

Seperti lagu Doris Day,

Whatever will be..will be..

The future not ours to see

Que sera sera

Hidup,ya.. sesederhana itu.

===

Punya cerita-cerita ajaib seperti diatas nggak?

11 Comments

  1. Menarik ttg fenomena trance, aku pernah nonton acara pengajiannya pak quraish shihab di TV ttg trance ini sudah lama sekali, aku nontonnya sambil manggut-manggut πŸ˜ƒ. menarik juga untuk komen ttg dunia gaib ini πŸ˜‰.

  2. Kak Phebie, aku suka sekali pembahasan kali ini 😁
    Aku juga berusaha berpikir logis kalau lihat yang aneh-aneh tapi otak ini selalu nggak mau diajak kerjasama πŸ˜‚ jadi kalau udah ngaco seperti ini, aku akan kabur huahaha. Makanya aku nggak terlalu suka nonton film horror karena efeknya lumayan lama di aku, bisa jadi takut kalau sendirian ke kamar mandi atau kalau lagi keramas πŸ˜‚
    Kalau ngomongin kerasukan, aku masih nggak bisa menemukan alasan yang logis untuk hal ini karena kadang kalau kerasukan, ada yg sampai bisa manjat tembok atau berubah suara. Menurut Kak Phebie gimana alasan yang logisnya? πŸ˜‚
    Di satu sisi, aku percaya memang ada dunia ghaib. Jika suatu hal nggak bisa dijelaskan secara ilmiah dan lebih dekat jika dijelaskan dengan unsur mistis, yauda aku nerimo wkwkwk. Kadang malah lebih seru kalau bercerita dan ada unsur mistisnya, orang-orang malah lebih senang dengarnya wkwkwk

    • Pernah saya belajar dari “pakar” Errickson, yang bahas fenomena kerasukan. Cukup logis kalau kita sudah belajar tentang hipnosis. Sebagai contoh yg anak2 pelajar kerasukan kalau di telaah pasti ada triggernya satu orang. Direncanakan (sori gak seru ya). Lalu kenapa bisa menular, histeria memang menular kok. Makanya kalau ada yang gejala demikian, pisahkan satu org trigger itu dari kerumunan (spy cukup oksigen). Sadarkan. Dalam kasus yang ekstrim pernah yg begitu diceburin ke air πŸ˜…
      Oya kita itu punya hysterical strength ya yang bisa bikin kuat luar biasa bisa di google kalau kepo.

      Intinya bukan tdk membuka diri terhadap kemungkinan pengaruh makhluk halus. Tapi sebisa mungkin itu ditempatkan sebagai yang terakhir dan sebetulnya bisa dilogikakan juga cara kerjanya berdasarkan hukum energi.

      Tidak usah takut. Kalau kita yakin makhluk halus sebetulnya yg harus takut sama manusia kalau mereka “breaking the law” untuk tidak intervensi dengan dunia kita.

      • Kak Phebie, thank you so much untuk penjelasannya πŸ™πŸ»
        Aku jadi tertarik untuk lebih tahu logika kesurupan ini. Menarik sih untuk tahu hal-hal “mistis” yang ternyata ada “logika”nya.
        Thank you for sharing, Kak!

  3. Mbaaa, akupun lebih memilih utk tidak diksh bakat bisa melihat ‘mereka’ , karena PD dasarnya aku penakut. Biarkan aja mereka di alamnya, kita di alam kita . Aku percaya mereka ada, tp ga kepengen bisa berkomunikasi.

    Baru2 ini aku mengunjungi temenku yg istrinya kena guna2 mba. Udah 10 THN, dan santet yg dikirim udah berbentuk kanker ganas. Awalnya niiih aku percaya itu kanker murni. Tapi setelah melihat di video di mana temenku berobat dengan salah satu kyai yg terkenal (aku ga usah sebut namanya ya) dan aku yakin dia bukan dukun hitam, di situ si kyai ngajakin ngobrol semua jin yg masuk ke dalam badan istri temenku . Bahwa memang penyakit ini disebabkan oleh mereka, mereka dibayar utk membuat si wanita sakit Krn dendam masa lalu dll. Kalo aku ga kenal Ama temenku, aku akan anggab itu settingan. Tapi masalahnya aku kenal baik Ama dia.

    Dan pas aku ketemu temenku dan istrinya, itu ga kliatan sakit loh, Krn memang sakitnya hanya muncul di jam 10 malam sampai 6 pagi. Setelah itu hilang blass. Kan beda Ama kanker biasa. Aku ngeliat istri temenku segeeer, tp perutnya yg terkena kanker kayak hamil besar. Sedih liatnya.. tega org yg melakukan πŸ™

    Tapi aku pribadi pernah dipaksa jd cenayang pas baru2 kerja di bank sebagai teller dulu :D. Aku sempet jd teller nasabah prioritas di bank asing. Dan mereka itu polahnya aneh2. Mentang2 nasabah premier, mereka berharap teller bisa mengerti apa yg mereka mau saat DTG tanpa diksh tau wkwkwkwk. Cuma duduk, lalu menatap teller :D. Krn aku msh baru dipindahin ke segmen premier, aku nanya laah, kan blm kenal. ‘maaf bisa say bantu apa Bu?”

    Jawaban dia, “memangnya kamu ga kenal siapa saya?? Liat muka saya”

    Wkwkwkwkwkk pgn aku teriakin dlm hati “wooooy siaapaa eluuuu. Artis bukan, kalopun artis, emgnya aku bisa nebak no rekening situ berapa” 🀣🀣

    Tapi bbrp nasabah yg bisa diajakin becanda , kdg aku bilang, maaaf ya Bu, saya teller, bukan Fortune teller hahahahha

    • Bijaksana mbak 😁

      Ohya santet itu memang ada…penyebabnya macem2 mba dr dendam, cinta sampe rebutan kedudukan..sad but true. Semoga kita dijauhkan darinya…πŸ˜‘ untung temannya bisa berobat ya.

      Hahaha boleh juga diganti namanya mbaa…jadi (fortune) teller 🀣

      Hahaha

    • Hal yang aku tahu adalah ternyata katanya memang bener ada “jin turunan”. Ibu aku sih yang cerita. Dan salah satu keluarga ku juga ada yang gitu, jadi bermula dari sang kakek yang bikin perjanjian, tapi timbal baliknya sampe ke anak-anaknya. Hm…

  4. entah kenapa, aku kadang bisa ngerasa β€œada sesuatu”, semacam ada yang β€œngawasi” gitu.. lewat suatu tempat, meski ngga terlihat angker, bisa β€œngerasa”.. tapi sejak di Berlin, aku blas ngga pernah ngerasa begitu, bahkan saat lewat area yang gelap dan terlihat setan bakal doyan ke sana, tetap ngerasa biasa aja.. πŸ€”

Leave a reply